Blogroll

Jumat, 04 Juli 2014

Cara Merawat Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan pakan alternatif yang memiliki kualitas baik untuk pertumbuhan ikan maupun daya tahan tubuh larva. cacing sutra ini dapat memberikan fungsi yang baik dan dapat mencemari habitat larva karna dengan matinya cacing sutra amoniak yang tercipta bisa mencapa 3x lipat. untuk itu para pembudidaya harus berhati-hati. perlu di adakannya perawatan sebelum pemberian cacing sutra kepada ikan.
kini admin akan membahas bagaimana cacing sutra di rawat di air yang bersih.


   Pada Habitat cacing sutra adalah sungai atau selokan yang mengalir yang memiliki organik yang melimpah. seperti pembuangan limbah tahu, tempe, dan pemotongan ayam. Cacing sutra lebih senang dengan warna air coklat yang penuh dengan sumber  organik. apabila sungai yang berwarna coklat dan terdapat libah organik yang melimpah maka cacing sutra sangat banyak.
  
Media penyimpanan dan perawatan cacing bisa terbuat dari terpal ataupun semen yang penting kolam penampungan casut tidak bocor.

sediakan kolam berukuran 2x1 yang Sudah dibahas Sebelumnya klik sini. 
Kapasitas ukuran 2x1 idealnya adalah 10 lt.
Untuk cacing yang baru dicari ada beberapa perlakuan. Perlakuan pertama cacing sutra harus di aliri air selama 3-4jam sampai kotoran casut tersebut keluar. sesudah itu angkat casut dari kolam pindahkan kedalam bak, dengan perlahan sehingga casut dan kotorannya terpisah. lalu buang air bekasnya bersihkan bagian dasar kolam tersebut sampai tidak menyisakan lendir sisa casut. Isi kembali kolam tadi dengan air yang bersih dan aliri sehingga membentuk arus. lalu masukan kembali casut yang di pisahkan tadi kedalam kolam yang sudah dibersihkan. Air yang bagus untuk digunakan yaitu air yang sudah mengendap.
Apabila penampungan lebih dari 1 hari maka perlakuan atau pengantian air dan pembersihan kolam harus dilakukan rutin selama cacing berada di penampungan.
Gambar sirkulasi kolam cacing sutra

Mudah bukan, selamat mencoba. dan mudah-mudahan bermanfaat bagi agan-agan pembibit.

Artikel terkait
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar