Jumat, 01 Juni 2012

Memberi pakan lele

          Mengingat dari pakan lele yang cukup mahal kita selaku peternak harus pintar mengatur pakan. Sebenarnya lele bisa bertahan sampai 1 minggu tidak makan, tapi dengan cara itu tidak baik juga untuk pertumbuhannya. Bagi peternak pemula pastinya merasa asik ketika memberikan pakan karna lele selalu bergerombol dan saling berebut ketika makan, siapa yang tidak betah melihat lele yang berebut pakan yang ada hanya pengen terus ngasih empan. Bagi pehobi itu baik baik saja tapi untuk peternak itu masalah besar.

          kita harus bisa membaca karakter Ikan  lele. ikan lele merupakan ikan pemakan malam, selain itu lele tergolong ikan yang rakus sampai kotoran sapi pun ia makan, apalagi dengan pelet itu makanan mewah bagi lele. Bagi peternak lele kita harus mengatur waktu pemberian pakan biar pakan tidak dibuang dengan gerakan lele tapi harus menjadi lemak. Pemberian pakan harus bener-bener pas tapi tidak ada aturan permanen untuk pemberian pakan, hanya saja kita harus mengatahui bagaimana ikan lele kenyang dan masih perlu dikasih pakan. Karna apabila pemberian pakan lele terlalu banyak bisa mengakibatkan kematian karna kenyang, bisa mencemari air lele dimana pakan lele yang tersisa mengendap dibagian bawah air akan menjadi racun dan bisa mengakibatkan kematian semua yang ada didalam kolam. Selain itu kenapa harus pemberian pakan yang pas, lele memiliki kriteria ikan kanibal karna apabila lele tidak dikasih makan maka lele akan menghajar lele yang ukuran lebih kecil, apalagi lele yang luka. Peternak pemula harus bener-bener sabar untuk menangani lele supaya tidak mengalami kebangkrutan.
         Pemberian pakan dilakukan 3 kali sehari yaitu pagi hari sebagai pengisi perut ketika aktifitas lele diwaktu siang, Sore sekitar jam 16.00 kebawah untuk malam, dan malam hari sekitar jam 23.00 bisa disesuaikan tergantung peternak. Pemberian pakan kualitas makan yang baik untuk lele yaitu waktu malam, karna lele dalam keadaan tidur dan biasanya proses pencernaannya bisa membentuk lemak. maka dianjurkan untuk memberi pakan pelet waktu dimalam hari supaya badan lele mengembang.

Pakan disesuaikan usia lele, Seperti bibit bagus diberi jentik nyamuk, kutu air dan pengli. Pakan tersebut kadar proteinnya sangat tinggi sehingga lele cepat perkembangannya. Untuk pembesaran pakan lele bisa menggunakan pakan alternatif yang dibuat sendiri (cara membuat pakan sendiri).

Ingat lele ikan yang rakus, secukupnya saja untuk pemberian pakan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar