Blogroll

Minggu, 24 November 2013

Potensi Usaha Lele

            Lele merupakan ikan air tawar yang pal
ing murah diantara ikan konsumsi lain. tetapi lele miliki keunggulan dari segi kandungan protein didalamnya. Makanan pokok lele adalah protein hewani dan tubuhnya mengextrak protein menjadi dua kali lipat. untuk itu lele termasuk ikan yang baik untuk kebutuhan protein untuk tubuh.
             Image lele masih kurang baik dikalangan masyarakat kita dikarnakan lele merupakan ikan pemakan segala.Selain itu para peternak kita pengkemasan terhadap pakan terlalu polos seadanya sehingga animo orang yang melihatnya merasa jiji. padahal dunia teknologi sekarang semakin canggih dan bisa dikemas secara menarik walaupun bahan didalamnya ayam tiren, dan anggapan bahwa dengan pengolahan pakan menggunakan mesin jauh berbeda kualitasnya dengan fress food. tapi tidak juga justru dengan fress food dapat mendatangkan penyakit untuk lele sehingga hasil tidak maksimal. Mudah-mudahan kedepannya maju terus peternak indonesia.
             Harus kita sadari bahwa negri kita itu negri paling kaya diseluruh dunia, dan itu diakui oleh semua negera. Untuk memastikannya dengan sederhana anda coba tanam apapun di halaman anda pasti tumbuh. untuk itu jangan sampai sia-siakan kekayaan ini. Baru-baru kali ini teknologi pertanian dan peternakan indonesia mulai moderen dengan media internet yang membuka jendela dunia sehingga dari tidak tau menjadi tau.

             Kembali lagi ke budidaya lele, ikan air tawar yang memiliki kumis 8 dan memiliki patil dan tangguh yang memiliki daya tahan walaupun airnya miskin oksigen ini memiliki berbagai macam potensi, dari mulai peternakan, kuliner, pakan sampai pengolahan limbah organik. Potensi usaha lele masih di pandang sebelah mata padahal ini sangat menjanjikan, cuman inti dari usaha lele ini adalah ketekunan dan kesabaran pasti membuahkan hasil yang maksimal.
        Permintaan ikan konsumsi lele semakin meningkat seiring dengan harga daging yang semakin memuncak sebagai pengganti protein yang cukup adalah ikan lele. tektur ikannya tidak terlalu memiliki tulang yang banyak dan mudah pengolahannya. kabupaten Bandung mencapai kisaran 22,1 ton per tahun tetapi sebagian permintaan belum terpenuhi. Untuk daerah JABABEKA permintaan perhari mencapai 100 ton, sementara yogyakarta  menghasilakan 7.903 ton kebutuhan perhari yaitu mencapai 12-16 ton cukup menggiurkan bukan. Walaupun ikan lele tergolong mudah namun dari segi kuantitas cukup memberikan peluang untuk para pengusaha, namun itupun tidak semudah yang dibayangkan peternak kita masih kesulitan dalam perawatan karna untuk memelihara lele bisa dibilang susah-susah gampang dan gampang-gampang susah. Ini pun dapat dijadikan peluang untuk para ilmuwan mencari asbab dari karakter lele yang kuat tetapi tidak gampang.
           Selain itu lele memiliki permintaan untuk exportir namun Indonesia masih sebagaian kecil peternak yang melakukan go internasiaonal karena masih banyak kendala dalam segi pemasok, selain itu kualitas harus terjamin. Negara tujuan expor lele yaitu Taiwan untuk olahan surimi, Hongkong jenis olahan fillet, Singapura olahan filet, jepang olahan fillet dan surimi, Belanda olahan filet, Prancis olahan filet, Spanyol Olahan filet, dan Amerika untuk olahan filet juga. untuk itu peluang usaha lele sangat luas tidak hanya di negara kita aja penggemar lele di luar negeri pun telah popular dengan kandungan didalamnya.

Mudah-mudahan dengan sedikit gambaran kecil artikel ini dapat dijadikan masukan bagi para pembisnis yang mencari referensi usaha. Ingat Tidak ada yang gagal dalam semua usaha yang ada hanya mereka yang menyerah. keep strugle Indonesia untuk terus maju dan menjaga warisan tanah ini.



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar