Blogroll

Rabu, 30 Mei 2012

Potensi berbisnis lele

         Pada mulanya saya ragu, tapi keraguan itu tidak baik dan akhirnya saya mencari keyakinan melalui survei atas keraguan itu. Ikan lele yang sedang saya jalankan. Kita orang indonesia wajib bersyukur atas karunia yang diberikan allah kepada negri tercinta ini, karna apa? potensi alam kita banyak, salah satunya bisnis lele. Cuman permasalahan kita adalah tidak memanfaatkan potensi tersebut. Maaf bukan menyinggung para pekerja, orang indonesia tuh lebih suka kerja sama orang lain dengan gaji pokok perbulan daripada membuka usaha sendiri. Disini yang harus diperbaharui dari pribadi indonesia termasuk saya yang baru membukakan mata dari potensi negeri ini.

         Lele sekarang sudah menjadi konsumsi masyarakat atas sampai bawah karna menurut peneliti bahwa kandungan gizi lele sangatlah tinggi dan kadar proteinnya seperti dijelaskan pada blog saya temukan klik disni yang mengatakan sumber nutrisi yang sangat baik. Untuk itu lele bisa merubah kebutuhan gizi keluarga kita karna lele tergolong mudah dijangkau dan dibudidayakan. Selain dari gizinya yang seperti saya jelaskan bisnis juga sangat berpotensi.

        Potensi bisnis lele ada beberapa yaitu :
1. Penetasan
    Jual bibit penetasan anak lele sampai usia 1 bulan kira-kira ukuran 2-3 atau lebih.
2. Pendederan
     Penjualan bibit yang usia 1-2 bulan sekitar ukuran 3-4 sampai 9-10
3. Sangkalan/Pembesaran
     Panen lele/penjualan kepasar.

      Pertama-tama kita survei tempat, apabila memiliki lahan luas yang tidak terpakai gunakan sebagai media tempat lele, apabila tidak ada lihat saja lahan tetangga yang tidak dimanfaatkan dengan cara dikontrak atau bagi hasil. Tempat sudah tersedia lalu ketahap kedua, cari tim/kelompok apabila ditempat anda anda peternakan lele kita ambil dulu tahan 2 yaitu pendederan melanjutkan pembesaran bibit sampai usia 2 bulan. Alasannya untuk pengembalian modal, jaringan kelompok dan tahap pembelajaran perawatan anak lele. Setelah kita matang dari segi perlengkapan kolam, pompa sampai tempat, baru kita ketahap 1 yaitu penetasan. Alasannya yaitu penetasan perlu kolam minimal 4 kolam yang berukuran 3-7m tergantung kita ngakalainnya, selain itu jaringan yang sudah terbangun sehingga penjualan tidak terlalu lama menunggu sampai 3 bulan. dengan menggunakan sistem kelompok di atas maka penjualan bisa setiap sebulan sekali. si pembesaran ikan dijual ke konsumen maka pasti bibit ngambil ke pendeder seterusnya pendeder beli bibit pada si penetas, sudah jelas tanpa disadari sekaligus kita membuka lapangan pekerjaan bukan?
         Apabila tidak ada peternak lele disekitar kita maka mau tidak mau kita harus merintisnya dari penetasan. setelah itu cari temen untuk mendeder ikan kita yang sudah ditetasin selama sebulan setalah itu cari lagi untuk orang yang membesarkan bibit si pendeder. Penetasan harus dihususkan pekerjaannya karna anak lele perlu perhatian lebih dari peternak, untuk pendeder ini bisa dijadikan sampingan namun hari libur akan disibukan dengan sortir. Pembesaran sama seperti pendederan cuman tidak serumit penetasan.

Mungkin sekian dulu dari saya mudah-mudahan bermanfaat walaupun sedikit isinya. mudah-mudahan ekonomi rakyat kita meningkat. Amin

Cara Memberi Empan pada lele
Cara Penetasan
Cara Sortir lele
Masalah-masalah lele

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar