Blogroll

Jumat, 01 Juni 2012

Lele Sangkuriang

            Saya selaku pelaku pemula dalam bidang peternakan lele. Pertama yang dikenal adalah lele lokal dan lele dumbo. Ternyata selain itu banyak sekali jenis lele yang hidup di Indonesia salah satunya adalah lele yang dikawin silang antara lele dumbo dan lele lokal yang kita kenal sekarang adalah lele sangkuriang. Muncul pertanyaan dalam diri saya kenapa disebut sangkuriang? saya mencari-cari reperensi dari berbagai
sumeber, sumber pertama dari guru saya yang mengajarkan pemeliharaan sampai penetasan yaitu Pa Ustad Jainal kalibaru Bekasi menceritakan asal mula sangkuriang. Pasti sudah tidak asing lagi dengan cerita rakyat Sangkuriang yang mengawini ibunya sendiri. Tidak jauh beda dengan Lele Sangkuriang ceritanya, lele lokal (pejantan) dengan lele dumbo (betina) dikawinkan setalah itu anaknya dikawinkan kembali ke induknya setelah itu cucunya dikawinkan sampai generasi ke enam sehingga menjadi gen lele sangkuriang yang sempurna.
           Setelah itu saya mencari lagi reperensi dari google dengan kata kunci Sejarah lele sangkuriang. Saya ambil web/blog yang rangking 1 di google dengan judul lele sangkuriang organik saya baca ternyata ini cukup akurat dengan deskripsi yang lengkap sampai tahunnya jelas.
           Seperti yang saya katakan bahwa saya pemula saya sering mencari reperensi ternyata potensi lele sangkuriang sangat besar khususnya daerah Bekasi yang saya teliti secara pribadi dari lisan kelisan, dari mata saya sendiri sampai kehati. Saya menyimpulkan bahwa lele sangat menjanjikan untuk sampingan. Potensi Bekasi sangat besar karnanya Bekasi membutuhkan 2 ton perharinya sampai peternak lele keteteran sampai tidak terpenuhi permintaan pasar sehingga lele didatangkan dari berbagai daerah Cirebon, Indramayu dan Tegal.
          Nah saya sebagai pendatang baru juga di daerah Bekasi mengjak para pengunjung blog saya untuk nyo... kita bareng berternak, tapi bukan dikhususkan daerah Bekasi saja. Coba aja anda mampir ke pecel-pecel lele disamping jalan sambil mencicipi hidangan lele yang mantap, disitu anda bakalan tau betapa besar potensi berbisnis ini. saya coba untuk sering dari pengalaman dan pengetahuan saya dari mulai kondisi air sampai perawatan lele. Halaman ini sebagai langkah awal saya membuka potensi bersama-sama untuk mengurangi pengangguran di Indonesia tercinta ini.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar